..Ayo podo nulis,tuker-tuker informasi,merentang jarak menjalin kerabat...

Minggu, 16 November 2008

Bocoran Bisnis : Jangan Remehkan Bisnis Kecil makanan dan Minuman

Sehari setelah aku menulis tentang bisnis kecil makanan dan minuman, aku jadi ingat sebuah mobil yang lumayan mewah untuk ukuranku, yaitu Nissan X Trail. Dengan penasaran aku lalu buka-buka iklan mobil di Jawa Pos, dan aku jadi tahu ternyata mobil ini memang lumayan mahal. Tahu nggak berapa harganya? Untuk Nissan X Trailbuatan tahun 2005, harga yang ditawarkan antara Rp. 185 - 190 juta.
Lalu apa hubungannya bisnis makanan dan mobil Nissan X Trail ini?
Ngini ceritane...Suatu hari, disebuah negeri yang indah...????
Waktu aku masih ngantor di LPT Indak Propinsi Jawa Timur, ada seorang pengusaha binaan LPT yang kalau datang pakai mobil Nissan X Trail. Orangnya cukup bersahaja, tapi mobil tumpangannya cukup mewah.
Awalnya aku pikir nih pengusaha pasti pengusaha yang punya pabrik gede dengan kantor yang cukup elit. Tapi dugaanku salah besar, karena ternyata pengusaha ini adalah seorang pedagang bakso dan es teler, dan tempat usahanyapun bukan berupa sebuah restoran, atau minimal punya tempat di Ruko. Tempat usaha orang ini ternyata hanya sebuah tenda yang cukup gede, yah kira-kira cukup untuk 10 orang pembeli, berlokasi di dalam jalan kecil yang biasa untuk parkir di wilayah Siola (Surabaya). Tapi dia sekarang udah jarang nungguin tenda baksonya tersebut, karena udah diurusi 4 orang karyawan, dan udah punya sebuah cabang.
Terus terang aku nggak tahu berapa keuntungan yang bisa dia peroleh tiap bulannya, sehingga dia mampu beli mobil mewah yang tentu saja biaya operasionalnya cukup tinggi.
Tapi ternyata dia nggak sendirian. Di Surabaya ada juga seorang pedagang sate kelopo (sate daging yang dibalut parutan kelapa) yang lokasi berdagangnya di depan sebuah gang, di wilayah Jl. Wali kota Mustajab (dekat balai kota Surabaya) yang cukup berhasil.
Kalau kamu nggak begitu familiar dengan Surabaya, mungkin kamu akan kesulitan mencari lokasi orang ini, karena tidak ada plang nama, dan dia jualan hanya duduk pakai dingklik didepan sebuah gang kecil (kayak mbok-mbok pedagang sate keliling). Namun jangan kira dia hanya pedagang kecil yang perlu dikasihani, karena rumahnya cukup mewah dan garasinya pun diisi dengan mobil yang cukup mewah juga.
Kawan aku tulis ini untuk sekedar memotivasi diri sendiri dan kalian juga, bahwa ada banyak jalan untuk bisa sukses. Yang penting tetap sabar, tekun dan kerja keras.
Mudah-mudahan kita semua cukup sabar untuk menunggu Joyo datang..!!!
Semoga sukses kawan!

Tidak ada komentar: